Tuesday, 20 January 2015

Karya ilmiah (mengenai penggunaan facebook sebagai media belajar)


Karya ilmiah

(mengenai penggunaan facebook sebagai media belajar)
Kata pengantar
Assalamu alaikum wr.wb
Puji syukur kehadirat allah swt. Karena atas limpahan rahmatnyalah kita mampu mengerjakan KARYA ILMIAH ini dengan baik. Dan tidak lupa kita kirimkan salam dan salawat kepada nabi junjungan kita nabi Muhammad saw. Dengan kshatan yang allah berikan dapat membuat kita patut besyukur kepadanya, tanpa bantuan allah mungkin makalah ini belu terselesaikan dengan secepatnya.
Tetapi tanpa  tekad dan keinginan KARYA ILMIAH ini tidak akan terselesaikan dengan sendirinya, walaupun allah telah memberikan kita kesehatan,. Namun,KARYA ILMIAH ini adalah KARYA ILMIAH yang kita buat gerakan diri kita dan di bantu dengan perantara teknologi. Dan kami sangat berterimah kasih kepada teman-teman yang telah meluangkan waktu utuk menyelseaikan tugas KARYA ILMIAH ini . dan begitu pula kepada guru pembimbing PAK  FIRDAUS S. Pd, kami ucapkan banyak terimah kasih, sekiranya mohon maaf apabila ada kata dalam KARYA ILMIAH ini kurang berkenaan, mohon dimaafkan karena manusia tidak lupuy dari sebuah kesalahan    
                                                                                       penyusun                                                                                         
                                                                                    a.misbahuddin
Wassalamu alaikum wr. Wb

BAB I

PENDAHULUAN

1.1       LATAR BELAKANG


                        Perkembangan peradaban manusia ditandai dengan adanya penggunaan tekonlogi yang makin hari makin meningkat. Di Era Globalisasi ini penggunaan tekonlogi telah berkembang dengan pesat sehingga sudah merupakan gejala kehidupan, teknologi, informasi,dan komunikasi telah merubah atau merevolusi cara hidup kita baik dalam berkomunikasi, cara berinteraksi , cara belajar. Maupun cara berbisnis. Tahun 2012 ini memberikan ruang lingkup yang sangat besar untuk mengoorganisasikan segala kegiatan melalui cara baru yang inovatif dan instan.
Dengan teknologi semua proses, kerja dan konten akan di transformasikan , dengan kata lain kecepatan kinerja bisnis meningkat dengan cepat.Dengan adanya TIK(teknologi informasi dan komunikasi) di harapkan dapat membantu untuk mempercepat proses dalam memperoleh kebutuhan informasi. Pemanfaatan TIK(teknologi informasi dan komunikasi) harus di perkenalkan  didunia khalayak masyarakat terutama pada siswa-siswi agar mereka mempunyai pengalaman yang memadai untuk bisa menerapkan dan menggunakan dalam kegiatan belajar serta untuk bekal nanti di masa yang akan datang
Globalisasi yang sudah berlangsung ini merupakan kenyataan yang tidak dapat dihindari hal ini berkat dari perkembangan teknologi, dewasa ini sangat mempengaruhi berbagai segi kehidupan dan profesi.
Di Era Globalisasi ini persaingan begitu ketat, Tidak di pungkiri lagi bahwa perkembangan TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang semakin pesat mendorong orang-orang mau tidak mau harus mengikuti zaman dan menggunakan teknologi yang ada dan memanfaatkan secara baik dan efisien,dalam menghadapi Era modern ini kita sebagai negara yang masih terbelakang seharusnya kita harus lebih banyak belajar untuk bisa bersaing dengan Negara lain. Perkembangan TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) memberikan dampak positif dalam pengembangan bidang pendidikan yang lebih baik
Dewasa ini dalam bidang pendidikan penggunaan teknologi sudah sangat maju. Salah satunya adalah E-learning , E-learning suatu media pembelajaran  yang berbasis elektronik. Salah
satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya di
jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis
web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet, inilah makanya sistem e-learning dengan menggunakan internet disebut juga
internet enabled learning.
Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif. Informasi
Untuk para pelajara juga dapat disajikan secara up-todate dan real-time. Begitu pula
dengan komunikasinya, meskipun tidak dapat secara langsung tatap muka, tetapi forum
diskusi perkuliahan dapat dilakukan secara online sehingga pembelajaran yang tidak terbatas
dengan tempat dan waktu (time and place flexibelity) benar-benar terjadi. Sistem e-learning
ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang dimungkinkan perkuliahan bisa dilakukan
lebih banyak waktu (Nugraho, 2007).
Sistem e-learning seiring perkembangan tenologi khususnya teknologi informasi terus
dikembangkan sejumlah orang, bahkan beberapa pakar atau sebagian ahli sependapat dengan
adanya e-learning seperti sekarang yang banyak bermunculan, dapat juga dikatakan sebagai
ciri dari generasi teknologi web sekarang yang merupakan bagian dari karakteristik dari web
2.0.
Beberapa media yang dimanfaatkan sebagai E-learning adalah website, blog, dan Facebook. Facebook sebagai salah satu jaringan social terbesar di dunia dan memiliki penggunaan yang sangat sering di manfaatkan sebagai media pembelajaran. Namun dominasi aplikasi hiburan









1.2 RUMASAN PERMASALAH
- Bagaimana Sejarah Facebook ?
- Bagaimana Peranan Facebook Dalam Media Pembelajaran?
- Dampak Negatif  Dan Positif  Pengguna Facebook ?

1.3 TUJUAN PENULIS


- Menjelaskan secara rinci sejarah Facebook?
- Menginformasikan kepada masyarakat khususnya siswa-siswa,                  bahwa Facebook bukan hanya Media hiburan semata tetapi sebagai media pembelajaran?
- Menjelaskan Dampak negatif Dan dampak Positif facebook bagi si pengguna?

 

      




 

1.5 LANDASAN TEORI



Menurut Bovee, 1997.Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan . Media merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang berasal dari bahasa latin yang berarti “antara”. Istilah media dapat kita artikan sebagai segala sesuatu yang menjadi perantara atau penyampai informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan.
Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi pembelajaran yang ada dalam kurikulum yang dituangkan oleh pengajar atau fasilitator atau sumber lain ke dalam simbol-simbol komunikasi, baik simbol verbal maupun simbol non verbal atau visual.
Menurut Briggs  media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
 Menurut Schramm, media merupakan teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional yang dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca.
Dengan demikian media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran.




BAB II

PEMBAHASAN

A.Sejarah  Facebook

Seiring dengan meningkatnya pengguna jejaring social khususnya facebook yang di gemari oleh banyak orang khususnya para remaja dewasa ini, dan kita tahu kebanyakan orang  hanya bisa menggunakan facebook tetapi dia tidak tahu bagaimana sih sejarah facebook itu dan siapa sih penemunya, dalam hal ini saya akan menjelaskan  secara rinci tentang sejarah facebook
Mark Elliot Zuckerberg atau yang lebih dikenal dengan Mark Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York,Amerika Serikat (AS).Berawal ketika Mark Zuckerberg(saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya yaitu Facemash.com.Menurut  The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan “foto yang di peroleh dari Facebook  di Sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling “ hot” dan paling seksi.Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto. Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan computer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahi pihak kampus, Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut di batalkan. Zuckerberg memperluas proyeknya awalnya ini pada semester tersebut dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai dengan komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan .

2004
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada januari 2004. Ia terinspirasi, katanya editorial The Harvard Crimson tentang insiden facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” yang awalnya berada di situs web The Facebook.com.. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg  berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya Cuma dalam waktu seminggu saja”.
Saat pertama kali diluncurkan “The facebook” hanya terbatas  dikalangan kampus Harvard saja.Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitarnya Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook.Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim The Facebook.Com. Mereka adalah Eduardo Saverin(pebisnis atau analis usaha), Dustin Moskovitz(programmer), Andrew McCollum( seniman atau desainer grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini.Bulan maret 2004, The Facebook .Com.mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sujumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale dan Ivy league. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaanya di hapir semua kampus di AS dan Kanada.Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering , memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai persiden perusahaan.Bulan mei Zuckerberg bersama Moslovity dan beberapa teman lain pindah ke Palo Alto,California,liburan musim panas 2004 menyewa rumah kecil buat kantor. Oleh karena ingin mengerjakan Facebook dengan serius mereka meninggalkan Harvard. Dikantornya itulah Zuckerberg bertemu dengan Peter Thiel, pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebesar U$$ 500.000, merupakan investor pertama mereka sehingga merka bias pindah ke kantor yang lebih besar di Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “kampus Urban”
2005
Bulan mei 2005, The Facebook. Com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, The Facebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 atau sekitar Rp. 1,86 miliar, dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. Pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya unutk para pekerja kantoran .
2006
Business Week, melansir kabar bahwa Zuckerberg tengah bernegosiasi dengan calon pembeli potensi Facebook. Tapi, akhirnya dia menolak tawaran yang disebut-sebut bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp. 6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, dia memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar. Bulan mei tahun yang sama facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun giliran Israel dan Jerman.
Dia juga memberikan Fasilitas Facebook Notes. Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna memberikan tagging,memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna bias mengimpor blog dari situs Xanga, Livejournal, Blogger, dan situs blogging lainnya. Berkat fitur baru tersebut, pembaca bisa memberikan komentar terhadap tulisan yang dimuat pengguna Facebook. September 2006, Zuckerberg membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini justru menuai protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Alhasil, dua minggu berselang Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas.
2007
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai US$ 240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebsar US$ 15 milyar.Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! Telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua saham Facebook sekaligus. Alasanya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin Facebook tetap independen .November 2007,situs ini meluncurkan layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan system yang di sebut Facebook Beacon. seorang miliuner Hongkong Li Ka-Shing, tertarik untuk menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.

2008
Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan mereka akan membuka kantor pusat inernasional di Dublin, Irlandia.Pada Augustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar.
Pengguna Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diautr berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah, maupun Negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya, sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temanya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.
Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.
Dalam hal tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster. Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.
Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung dan real time. Juli 2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah.
2009
Maret 2009  Facebook merapikan tampilan “Home/Beranda”. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya.[45] Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google
2010
pada 13 Maret 2010 Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan ebay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon .
2011
Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampus sun Microsystems StatistikDoubleClick di Menlo Park, California.
memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook adalah situs web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.
 2012
Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android. Pada bulan April, Facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 miliarPada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidangpenjelajah social.
Facebook, Inc mengadakan penawaran umum perdana  pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran perdana pada tahun 2013.

B. Peranan Facebook Dalam Media Pembelajaran


Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. media pembelajaran sangat dibutuhkan bagi pendidik untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Dengan media pembelajaran yang tepat digunakan oleh pendidik, peserta didik pun diharapkan mampu menangkap seluruh materi yang disampaikan secara jelas dan peserta didik dapat benar-benar memahami materi yang disampaikan pendidik itu. Peran pendidik sangat besar saat penyampaian materi. Pendidik harus menguasai materi yang akan disampaikan secara matang, dan pendidik harus dapat menggunakan media pembelajaran secara tepat. Karena bila pendidik tidak dapat menggunakan media pembelajaran, proses pembelajaran juga tidak akan efektif dengan apa yang diharapkan. Media pembelajaran sangatlah berperan besar. Pemilihan media pembelajaran oleh pendidik secara tepat juga akan menambah keefektifan proses pembelajaran, karena pemilihan media pembelajaran yang menarik dapat menimbulkan rasa ingin tahu yang tinggi peserta didik dalam hal ini dapat berkonstrasi penuh.
Media pembelajaran yang menarik juga dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan media pembelajaran juga terjalinnya komunikasi antara pendidik dan peserta didik, peserta didik juga lebih berani mengutarakan apa yang belum jelas menurutnya, dan pendidikpun harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta didik tersebut.

              Di Tahun 2012 ini pengguna teknologi informasi dan komunikasi semakin meningkat derastis khususnya pengguna jejaring social yaitu Facebook, Facebook salah satu dari ketiga situs social media yaitu, Twitter dan Google, saat ini mengalami perkembangan pesat dari ketiga situs tersebut Facebook merupakan jejaring social yang sangat di gemari, khususnya di Indonesia. Tidak dipungkiri lagi perkembangan situs social media ini akan semakin pesat pada masa yang akan datang kita tidak mungkin lagi melarang para pelajar mengakses situs ini, maka dari itu kita bisa meminimalisis dampak yang sewaktu-waktu terjadi, dengan menjadikan Facebook sebagai media pembelajaran, Kemudian bagaimana kita sebagai pengguna memanfaatkan dan mengoptimalkan facebook sebagai media pembelajaran.
·         Membuat grup kelas di facebook
Dengan membentuk grup kelas akan memudahkan saling bertukar informasi terkait kegiatan kelas seperti materi belajar, tugas dll. Namun perlu diingat sebaiknya penggunaan grup ini mampu diatur oleh admin, serta hal – hal yang kurang penting ada baiknya dihindari untuk diposting di grup,
·         Menggunakan fasilitas upload file di grup
·         Dengan menggunakan fasilitas ini kita dapat mengupload file – file yang dianggap penting seperti materi pembelajaran, tugas, dan lain-lain.
·         Memanfaatkan fasilitas chat & video call
·         Dengan menngunakan fasilitas tersebut kita dapat berinteraksi (mengirim pesan, file atau video call) secara langsung dengan teman ataupun guru.  pemanfaatan Facebook sebagai media pembelajaran khususnya bidang studi  IPS dapat membantu guru dalam penyampaian materi IPS yang menurutku cukup banyak serta dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar IPS karena pembelajaran dikemas secara berbeda dan inovatif melalui aplikasi-aplikasi Facebook yang canggih dan menarik. Selain itu juga dapat melatih siswa dalam penguasaan TIK dan penggunaan bahasa asing(Inggris), di Facebook, guru dan siswa bisa memanfaatkannya untuk ajang Tanya jawab ataupun diskusi siswa dalam mengerjakan suatu tugas dari guru walaupun siswa tersebut berada di temapat yang berbeda ,dengan kata lain penggunaan Facebook sebagai media pembelajaran IPS dapat membantu guru dalam penyampaian materi IPS yang cukup banyak, sehingga guru tidak lagi terbatasi oleh waktu yang relative sempit. Melalui penggunaan media pembelajaran Facebook, guru dan siswa bisa melakukan diluar jam sekolah, dan siswa menjadi tertarik dan aktif dalam pembelajaran IPS karena pembelajaran IPS dengan media pembelajaran Facebook tidak lagi mengacu pada guru sebagai pusat, akan tetapi siswa sebagai pusat dan merekontruksi pengetahuannya sendiri dengan belajar mandiri lewat internet, disini guru hanya sebagai fasilitator dan evaluator.
Facebook sebagai perantaranya. Media pembelajaran agar siswa tertarik dengan materi yang akan disampaikan dengan mengerti apa yang sedang siswa sukai. Di samping itu, siswa pun lebih berani mengungkapkan ide-ide mereka, siswa yang biasanya pasif akan lebih menjadi aktif karena siswa tersebut tidak berbicara langsung dengan pendidik dan siswa lainya. Dengan ini proses pembelajaran akan mencapai tujuan yang diinginkan. Dan pendidik pun lebih mudah untuk menyampaikan materi melalui Facebook tersebut, banyak hal-hal yang pasti ditanyakan oleh siswa, sehingga proses pembelajaran berjalan secara efektif. Selain itu dengan media pembelajaran Facebook siswa dilatih belajar mandiri/ tanggung jawab belajar, aktif, dan bekerja sama menyelesaikan permasalahan, kolaboratif, mengembangkan strategi belajar, juga melatih siswa dalam belajar penguasaan TIK, pembelajaran yang meaningfull dan engaged learning.
Dengan melihat konsep diatas maka kita akan mendapatkan berbagai manfaat jika kita mengoptimalkan Facebook sebagai media pembelajaran, diantaranya, yaitu sebagai media untuk mengulang pelajaran yang lalu. Karena ringkasan pelajaran serta pembahasan soal-soal telah dimuat guru di halaman Facebooknya, para siswa bisa mengulang pelajaran yang lalu dengan mengunjungi Facebook gurunya. Bahkan bagi siswa yang tidak dapat hadir dikelas, dapat membaca Facebook gurunya untuk mengulang pelajaran pada hari tersebut.kemudian mengakrabkan komunikasi antara siswa dan guru. Dengan adanya Facebook guru, para siswa bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan guru seputar pelajaran. Mereka tidak harus menunggu esok hari untuk menanyakan materi pelajaran serta hal-hal yang sulit dalam menyelesaikan tugas. Serta menjadi sarana untuk saling berbagai informasi. Pelajar dan remaja adalah manusia yang sedang labil dan dalam proses mencari jati diri . Mereka kadang membutuhkan kehadiran guru atau pembimbing untuk mengatasi maslah yang dihadapi dan ingin mengenal sosok yang ingin teladani. Dengan dapat dimanfaatkannya facebook sebagai salah satu media pembelajaran maka dalam pemanfaatannya harus kita optimalkan fasilitasnya. dan perlu diingat dalam setiap pemanfaatan teknologi apapun harus kita lakukan secara efektif dan bijak serta tidak merugikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

C. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF FACEBOOK 

         

Facebook adalah salah satu jaringan social yang sangat tenar pada zaman sekarang, hamper setiap orang memiliki facebook. Facebook berguna agar pengguna dapat berinteraksi dengan teman secara mudah, dapat memperbanyak teman dan dapat memperluas jaringan pengguna, dan masih banyak sekali kegunaan yang lainnya. Facebook memiliki dampak positif dan juga dampak negative, itupun tergantung dari pengguna dalam menggunakan facebook, apakah pengguna menggunakan jaringan social ini dengan hal-hal negative atau dengan hal-hal yang positif .

1.     Dampak Positif Facebook


Berikut ini adalah beberapa dampak positif dari Facebook:
·         Memperluas network dan pergaulan. Selain berteman dengan teman-teman mereka di dunia nyata, Facebook memberikan peluang unutk mengenal pelajar-pelajar dari sekolah lain, bahkan dari Negara lain. Mereka bisa berteman dengan para sastrawan, pengarang buku, pengarang novel, dan para tokoh yang mereka gemari.
·         Bisa dijadikan tempat menyalurkan kreativitas seperti menulis puisi, kata-kata motivasi dan mutiara dan artikel-artikel lainnya yang Menambah pengetahuan . Dengan akses ke Facebook, para pelajar akan mampu memiliki informasi dan pengetahuan yang luas. Berbagai update stasus orang lain yang memberikan info-info terkini di bidang pendidikan, berita, sains, seni, dan lain-lain. Akan dapat diketahui dengan cepat. Dengan demikian pengalaman mereka juga akan semakin bertambah.
·         Facebook membuat siswa lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya, maksudnya siswa dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang. Sehingga ia akan lebih tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang di dekatnya.
·         Sebagai sarana diskusi, di Facebook siswa bisa bergabung dengan berbagia komunitas atau grup dengan adanya komunitas kita bisa saling bersosialisasi antar sesama komunitas.
·         dengan menggunakan Facebook kita bisa berinteraksi dengan pengguna Facebook diseluruh  dunia.
·         Dapat digunakan para pedagang online seperti baju, sepatu, handpone, alat-alat elektornik, tas dan lain untuk mepromosikan menjualnya secara online , ini sangat menguntungkan bagi mereka yang ingin berwirausaha melalui Facebook. Dan bagi pembeli juga mempermudah transaksi mereka.
·         sebagai alat refreshing otak yang galau atau penat.
·         Siswa dapat menuliskan permasalahan yang dihadapi, yang kemudian dibaca oleh teman-temanya, sehingga dapat memunculkan ide-ide cemerlang dan dapat mengembangkannya.
·         pikiran siswa akan lebih terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di Facebook.
·           Mempererat silahturahmi, siswa bisa menemukan kembali orang-orang yang pernah dia kenal di masa lalu.
·         Tempat curhat, ketika siswa sedang mendapatkan masalah, siswa tinggal mengupdate status Facebooknya dengan masalah yang isinya memberi semangat atau bahkan member alternative untuk menyelesaikan masalah.
·         .Aplikasi Facebook sangat mempunyai banyak dampak positif salah satunya Facebook share, ini merupakan fitur dasar di Facebook. Fitur ini pastinya juga bisa digunakan sebagai sarana untuk membantu pembelajaran. Siapapun bisa men-share apapun (tulisan singkat, link, gambar, video dsb) ke semua teman-temannya.
Facebook quiz, saat ini sudah banyak quiz-quiz yang berbedar di facebook. Rata-rata hanya quiz yang dibuat untuk melakukan quiz online. Sang guru bisa menbuat quiz-nya dengan mudah kemudian menyuruh seluruh muridnya untuk mengerjakan quiz tersebut.
Facebook note, dengan sarana ini sang guru bisa memancing murid-muridnya saling berdiskusi mengenai topic tertentu. Sang guru cukup membuat note disan kemudian men-tag seluruh muridnya untuk memancing diskusi.
Facebook appls, dengan fitur ini hampir segalanya bisa dilakukan.

 Salah satunya adalah dengan membuat sebuah game edutainment pada platform facebook apps ini. Salah satu contoh faecbook apps game edutainment yang cukup terkenal dan banyak dimainkan adalah Geo challenge. Sebuah aplikasi game untuk menguji penegtahuan geografis dari pemain-pemainnya.    Itulah berbagai dampak positif dari facebook jika kita menggunakan secara efisien dan benar.

2. Dampak Negatif Facebook


Inilah berbagai efek negatif yang bisa timbul akibat penggunaan facebook :
·         Bisa membuat siswa menjadi malas belajar dan sering tidak mengerjakan tugas. Dan hanya membuang waktu yang banyak yang hanya digunakan untuk mengakses Facebook, membuat status, mengomentari status dan bercanda ria dengan teman-temannya.
·         Rawan akan penipuan, rayuan-rayuan bahkan mengakibatkan berbagai kejadian yang bisa  mencelakakan diri sendiri.
·         Bisa menjadi ajang menghina, mencaci dan bertengkar sesama pengguna Facebook.
·         Boros artinya siswa menghabiskan uang untuk chatting dan online berjam-jam.
·         Facebook bisa buat defresi                                                       
Penelitian yang dilakukan oleh Stony Brook University, New York, mengatakan bahwa kebiasaan mengakses situs jejaring social dapat menyebabkan depresi. Penelitian tersebut melibatkan sekelompok anak perempuan berusia 13 tahun yang diwawancara sebelum dan sesudah membuka akun facebook selama setahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang suka menceritakan kehidupan dan pikiran mereka melalui Facebook, memilki tingkat depresi yang lebih tinggi.
·         Meningkatkan resiko gangguan tulang
Facebook seringkali dijadikan penyebab utama mengenai masalah tulang pada anak. Penelitian dalam British medical Journal menemukan bahwa situs jejaring social dapat meningkatkan resiko kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah rapuh. Hal ini karena Facebook membuat anak-anak jadi malas bergerak karena terlampau asik mengakses situs tersebut.
·         Membuat orang menjadi tertutp
Penelitian dari Mintel, sebuah perusahaan penelitian pasar, menemukan lebih dari setengah orang dewasa yang menggunakan situs jejaring social seperti lebih menghabiskan waktu di internet dibanding berbicara dengan teman atau anggota keluarga lainnya, dengan kata lain hilangnya interaksi social dengan kerabatnya dan terutama terhadap masyarakat disekitarnya  , itulah berbagai dampak negatif yang ditimbulkan Facebook

BAB III


KESIMPULAN


 Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan diatas adalah
1.      Dalam menggunakan sebuah teknologi yaitu penggunaan internet khususnya jejaring social Facebook kita jangan hanya memanfaatkannya saja tetapi kita perlu tahu siapa sih penemunya serta kita perlu mengenal sedikit  sejarah tentang  facebook untuk menambah wawasan ilmu dan pengetahuan.
2.      sebagian masyarakat beranggapan bahwa Facebook itu hanya membuang banyak waktu dan menghamburkan uang saja, tetapi jika kita mengoptimalkan dan memanfaatkan penggunaan facebook sebagai media pembelajaran maka mungkin sebaliknya dan mungkin bisa jadi facebook bisa menjadi tempat penghasil uang .
3.      Setiap jejaring social pasti mempunyai dampak tersendiri baik berdampak positif maupun berdampak negatif, tergantu dari kita bagamaina mengaplikasikannya.Maka dalam hal ini kita perlu berpikir kritis dan rasional agar tidak terjadi dampak yang tidak sedap didengar.

SARAN

·         1.Saran saya bagi si pengguna Facebook adalah jangan sering-sering dan terlalu lama menggunakan akun  facebook, maksimal  30 menit perhari atau lebih bagusnya 1 jam perminggu, tujuannya agar tidak terjadi dampak yang dapat merugikan sipengguna.
·         Saran saya bagi guru yaitu guru dan siswa wajib  mempunyai akun facebook dan settingan atau pengaturan privasi di facebooknya agar hanya bisa diakses oleh siswa-siswi. Guru wajib membuat soal-soal pembahasan dan tugas atau PR  dihalaman Facebook dan membuat jadwal online ke siswa-siswinya,  tujuannya agar siswa-siswi yang tidak hadir dalam materi dikelas hari itu , bisa mendapatkan pengulangan materi dari guru yang bersangkutan, kemudian siswa-siswi bisa bertanya kepada gurunya hal-hal yang belum dimengerti karena dikelas tidak sempat ditanyakan atau malu-malu bertanya.

DAFTAR PUSTAKA


Renataliaa word press.com/…./penggunaan-facebook-sebagai-media
www.terang dunia.com  news’media & internet
mmadjie.blogspot.com/…../dampak-positif-dan-negatif-pengguna facebook
www.asal-usul.com /2009/03/facebook-data-dan-fakta-sejarah.html
Id. Wikipedia org/wiki/facebook

0 komentar: